Komunitas

ALAMAT KANTOR:
BALAI LATIHAN TENAGA KERJA LUAR NEGERI
Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi - Provinsi Jawa Barat
Jl. Soekarno Hatta No.301 - Bandung
Phone : (022) 520 4091

INFO KERJA LUAR NEGERI : INFO KERJA ( Malaysia ) /

BERITA

WORKSHOP JABAR MENGEMBARA ( KABUPATEN TASIKMALAYA )

DEC 1 2016

Pada hari Rabu 16 November 2016 bertempat di Gedung PUSDAI Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya, Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri melaksanakan kegiatan Workshop Jabar Mengembara di Kabupaten Tasikmalaya. dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Dr. Ir. FERRY SOFWAN ARIF, M.Si 

Dalam laporan penyelenggaraan Kepala Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri Ubun Suryaman SE. MSi, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan masyarakat Jawa Barat dalam hal daya beli, jiwa kewirausahaan, dan kultur masyarakat bekerja, baik untuk bekerja didalam negeri maupun luar negeri. Program Jabar Mengembara diluncurkan tahun 2011 dan merupakan bagian dari Program besar Pemerintah Jawa Barat dalam menanggulangan kemiskinan dan pengendalian penduduk, Meningkatkan kesempatan kerja, Fasilitasi masyarakat miskin untuk beklerja, Program jabar mengembara, Pengendalian laju pertumbuhan alami, dan Pengengendalian migrasim masuk.

Peserta yang hadir dalam kegiatan Workshop Jabar Mengembara terdiri dari unsur Aparat Pemerintah Daerah ( Desa /Kelurahan, Kecamatan, Babinsa, Bhabinkatibmas ), Pemuda ( Karangtaruna, Pencari kerja, Siswa SMK kelas XII, Siswa LPK ), Ibu - Ibu PKK dan Posyandu, Tokoh Masyarakat ( RT/RW, Tokoh Agama, LSM, Perwakilan Guru SMK/SMA ), dengan seluruh jumlah peserta sebanyak 225 orang.

Dalam sambutannya  Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  menyampaikan bahwa setiap bekerja keluar negeri  harus LEGAL dan sepulang dari Negara tujuan harus berhasil dalam menabung perekonomian untuk berwirausaha di Negara kita sendiri dan membangun usaha mandiri untuk membantu perekonomian masyarakat setempat. Kadis juga memberikan contoh kesuksesan warga Jabar yang mengembara sebagai Transmigrasi di Seram Bagian Timur Provinsi Maluku dan telah berhasil mengembangkan usaha ekonominya sehingga atas kesuksesannya, Johansyah terpilih sebagai Transmigrasi teladan nasional. Setelah berhasil, Johansyah membina masyarakat  sekitar untuk mengembangkan kegiatan ekonomi dan atas peran sertanya ini, beliau mendapatkan penghargaan sebagai pembina Transmigrasi teladan tingkat nasional tahun 2016. Dalam Kesempatan tersebut, Kepala Dinas mengingatkan pentingnya persiapan sebelum bekerja di Luar Jabar agar dapat berdaya saing serta sukses di tempat tujuan.

Kegiatan  Workshop Jabar Mengembara menghadirkan para narasumber yaitu Direktur Promosi BNP2TKI, materi yang disampaikan Informasi dan Peluang Kerja di Luar Negeri, Pemerhati Buruh Migran ( UNIMIG ), materi yang disampaikan  Motivasi bekerja di Luar Jawa Barat, Penerima PURNA TKI AWARD 2015  Ibu Apong Tarmilah yang membagikan perjuangan saat bekerja di Luar Negeri, pengalaman Pengembangan Usaha sekembali ke Indonesia, Kepala Bidang Penempatan pada Dinas Sosial Nakertrans Kabupaten Tasikmalaya yang memaparkan Kebijakan Ketenagakerjaan Kabupaten Tasikmalaya .

Pelaksanaan Acara Kegiatan Workshop Jabar Mengembara berjalan dengan baik dan lancar, dan ditutup oleh Kepala Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri.  Diharapkan dari kegiatan ini peserta kemudian  menyebarluaskan ilmu yang didapat dari Worshop Jabar Mengembara kepada Masyarakat disekitarnya.


Sumber : BLTKLN

 

Tinggalkan Komentar Anda :

Galeri Foto & Video

TESTIMONIAL

GEDUNG BALAI LATIHAN TENAGA KERJA LUAR NEGERI ( B L T K L N ) TELAH PINDAH TEMPAT/ALAMAT JL. SOEKARNOHATTA NO 584 DEKAT BPN / MIM

Oleh : MAN AJA on 2016-01-24

Lihat Semua Testimoni

Jajak Pendapat

Bagaimana menurut anda tampilan baru web ini ?

Sangat Bagus
Bagus
Biasa Aja
Tidak Bagus
Tidak Tahu

  Lihat Hasi Poling

PROFIL

Kepala Dinas Tenaga Kerja
Provinsi - Jawa Barat

Dr. HENING WIDIATMOKO, MA.