Komunitas

ALAMAT KANTOR:
BALAI LATIHAN TENAGA KERJA LUAR NEGERI
Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi - Provinsi Jawa Barat
Jl. Soekarno Hatta No.301 - Bandung
Phone : (022) 520 4091

INFO KERJA LUAR NEGERI : INFO KERJA ( Malaysia ) /

BERITA

Kemnakertrans: Pelayanan KTKLN Ada di BNP2TKI

JAN 9 2013

Setiap calon TKI wajib memiliki Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN). Jika tidak memiliki KTKLN, dipastikan tidak akan diberangkatkan bekerja di luar negeri.

''Kepemilikan KTKLN bagi WNI/TKI yang bekerja di luar negeri ini amanat Undang Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri. Adapun pelayanan penerbitan KTKLN ini ada di BNP2TKI,'' kata Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Binapenta Kemnakertrans) Reyna Usman dalam acara ''Evaluasi Tahun 2012 dan Reorientasi Tahun 2013 terhadap Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI Menuju TKI yang Lebih Bermartabat'' sebagaimana disampaikan Kabag Humas BNP2TKI Hariyanto di Jakarta, Rabu (2/1).

Dalam UU Nomor 39 Tahun 2004 pasal 26 ayat (2f) disebutkan ''TKI yang diberangkatkan wajib memiliki KTKLN.'' Kemudian pada pasal 62 ayat (1) juga ditegaskan ''TKI yang ditempatkan di luar negeri wajib memiliki dokumen KTKLN yang dikeluarkan oleh Pemerintah.''

Pemerintah yang dimaksud dalam hal ini adalah BNP2TKI. Ketentuan ini ditegaskan dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2006 tentang Kebijakan Reformasi Sistem Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri; berikut Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) RI Nomor PER-18/MEN/IX/2007 tentang Pelaksanaan Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri pada pasal 37.

Hariyanto mewakili Kepala Biro Hukum dan Humas BNP2TKI Ramiany Sinaga pada acara itu mengatakan KTKLN merupakan tanda pengenal bagi TKI yang telah memenuhi persyaratan untuk bekeraja di luar negeri dan berfungsi sebagai keterangan bebas fiskal luar negeri. Hal itu juga dipertegas dengan Peraturan Kepala BNP2TKI Nomor PER-31/KA-BNP2TKI/VII/2007 tentang Petunjuk Teknis Mekanisme Pelayanan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN).

''Artinya, secara normatif dan terstandar setiap TKI berdokumen resmi yang bekerja ke luar negeri sudah dipastikan memiliki KTKLN,'' kata Hariyanto.

Tidak akan mungkin TKI bekerja di luar negeri tanpa KTKLN, katanya. Kalau pun kemudian ada TKI yang bekerja di luar negeri tanpa KTKLN maka dipastikan TKI tersebut berkategoriundocumented (tidak berdokumen) atau lazim dikatakan TKI ilegal.

Kelebihan yang ada pada KTKLN ini adalah untuk melindungi diri bagi TKI karena tidak akan mungkin ditiru atau dipalsu oleh data orang lain. Data TKI yang termuat dalam KTKLN ini ada sekitar 60 item dan dilindungi olehChip Mikroprosesor Contactless (MKC) yang tidak bisa dilihat oleh mata biasa.

''Pelayanan penerbitan KTKLN bagi TKI tidak dipungut biaya alias gratis. Semua biaya KTKLN TKI ini ditanggung negara,'' paparnya.

Pada acara yang menghadirkan narasumber Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Mustafa Ibrahim Mubarak, Atase Ketenagakerjaan KBRI di Malaysia Ahmad Basri B. Ismail, mantan Dubes RI untuk Qatar Abdul Latief, Ketua Apjati Ayub Umar Basalamah, dan beberapa pimpinan LSM itu, Hariyanto mengatakan langkah BNP2TKI dalam melayani penempatan dan perlindungan TKI mendapatkan apresiasi.

''Terkait pelayanan penempatan dan perlindungan TKI sejauh ini BNP2TKI telah melakukan terobosan-terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan TKI dan keluarganya menjadi lebih bermartabat,'' sebut Nurus Mufidah dari LSM Jari.

BNP2TKI juga telah melakukan pendekatan pelayanan dengan masyarakat seperti dibangunnya Crisis Center dan pelayanan TKI secara sistem online


Sumber : BNP2TKI

Tinggalkan Komentar Anda :

Galeri Foto & Video

TESTIMONIAL

GEDUNG BALAI LATIHAN TENAGA KERJA LUAR NEGERI ( B L T K L N ) TELAH PINDAH TEMPAT/ALAMAT JL. SOEKARNOHATTA NO 584 DEKAT BPN / MIM

Oleh : MAN AJA on 2016-01-24

Lihat Semua Testimoni

Jajak Pendapat

Bagaimana menurut anda tampilan baru web ini ?

Sangat Bagus
Bagus
Biasa Aja
Tidak Bagus
Tidak Tahu

  Lihat Hasi Poling

PROFIL

Kepala Dinas Tenaga Kerja
Provinsi - Jawa Barat

Dr. HENING WIDIATMOKO, MA.