Komunitas

ALAMAT KANTOR:
BALAI LATIHAN TENAGA KERJA LUAR NEGERI
Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi - Provinsi Jawa Barat
Jl. Soekarno Hatta No.301 - Bandung
Phone : (022) 520 4091

INFO KERJA LUAR NEGERI : INFO KERJA ( Malaysia ) /

BERITA

DEC 1 2016

WORKSHOP JABAR MENGEMBARA ( KABUPATEN TASIKMALAYA )

Pada hari Rabu 16 November 2016 bertempat di Gedung PUSDAI Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya, Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri melaksanakan kegiatan Workshop Jabar Mengembara di Kabupaten Tasikmalaya. dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Dr. Ir. FERRY SOFWAN ARIF, M.Si 

Dalam laporan penyelenggaraan Kepala Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri Ubun Suryaman SE. MSi, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan masyarakat Jawa Barat dalam hal daya beli, jiwa kewirausahaan, dan kultur masyarakat bekerja, baik untuk bekerja didalam negeri maupun luar negeri. Program Jabar Mengembara diluncurkan tahun 2011 dan merupakan bagian dari Program besar Pemerintah Jawa Barat dalam menanggulangan kemiskinan dan pengendalian penduduk, Meningkatkan kesempatan kerja, Fasilitasi masyarakat miskin untuk beklerja, Program jabar mengembara, Pengendalian laju pertumbuhan alami, dan Pengengendalian migrasim masuk.

Peserta yang hadir dalam kegiatan Workshop Jabar Mengembara terdiri dari unsur Aparat Pemerintah Daerah ( Desa /Kelurahan, Kecamatan, Babinsa, Bhabinkatibmas ), Pemuda ( Karangtaruna, Pencari kerja, Siswa SMK kelas XII, Siswa LPK ), Ibu - Ibu PKK dan Posyandu, Tokoh Masyarakat ( RT/RW, Tokoh Agama, LSM, Perwakilan Guru SMK/SMA ), dengan seluruh jumlah peserta sebanyak 225 orang.

Dalam sambutannya  Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  menyampaikan bahwa setiap bekerja keluar negeri  harus LEGAL dan sepulang dari Negara tujuan harus berhasil dalam menabung perekonomian untuk berwirausaha di Negara kita sendiri dan membangun usaha mandiri untuk membantu perekonomian masyarakat setempat. Kadis juga memberikan contoh kesuksesan warga Jabar yang mengembara sebagai Transmigrasi di Seram Bagian Timur Provinsi Maluku dan telah berhasil mengembangkan usaha ekonominya sehingga atas kesuksesannya, Johansyah terpilih sebagai Transmigrasi teladan nasional. Setelah berhasil, Johansyah membina masyarakat  sekitar untuk mengembangkan kegiatan ekonomi dan atas peran sertanya ini, beliau mendapatkan penghargaan sebagai pembina Transmigrasi teladan tingkat nasional tahun 2016. Dalam Kesempatan tersebut, Kepala Dinas mengingatkan pentingnya persiapan sebelum bekerja di Luar Jabar agar dapat berdaya saing serta sukses di tempat tujuan.

Kegiatan  Workshop Jabar Mengembara menghadirkan para narasumber yaitu Direktur Promosi BNP2TKI, materi yang disampaikan Informasi dan Peluang Kerja di Luar Negeri, Pemerhati Buruh Migran ( UNIMIG ), materi yang disampaikan  Motivasi bekerja di Luar Jawa Barat, Penerima PURNA TKI AWARD 2015  Ibu Apong Tarmilah yang membagikan perjuangan saat bekerja di Luar Negeri, pengalaman Pengembangan Usaha sekembali ke Indonesia, Kepala Bidang Penempatan pada Dinas Sosial Nakertrans Kabupaten Tasikmalaya yang memaparkan Kebijakan Ketenagakerjaan Kabupaten Tasikmalaya .

Pelaksanaan Acara Kegiatan Workshop Jabar Mengembara berjalan dengan baik dan lancar, dan ditutup oleh Kepala Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri.  Diharapkan dari kegiatan ini peserta kemudian  menyebarluaskan ilmu yang didapat dari Worshop Jabar Mengembara kepada Masyarakat disekitarnya.


Sumber : BLTKLN

 

Selengkapnya ..

NOV 14 2016

INFO KERJA

SILAHKAN DI KLIK LINK INFO KERJANYA / COPAS

 

http://infokerja.naker.go.id/

 



sumber : Kementrian Ketenagakerjaan R.I

Selengkapnya ..

OCT 21 2016

WORKSHOP JABAR MENGEMBARA 2016

WORKSHOP JABAR MENGEMBARA

Pada hari Rabu 19 Oktober 2016 bertempat di Aula Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat, Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri melaksanakan kegiatan Workshop Jabar Mengembara yang pertama untuk tahun anggaran 2016 di Kabupaten Bandung Barat. Workshop Jabar Mengembara dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Dr. Ir. FERRY SOFWAN ARIF, M.Si  dan untuk laporan penyelenggara oleh Kepala Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri, UBUN SURYAMAN, SE, M.Si.

Dalam laporan penyelenggaraan Kepala Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri, Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan masyarakat Jawa Barat dalam hal daya beli, jiwa kewirausahaan, dan kultur masyarakat bekerja, baik untuk bekerja didalam negeri maupun luar negeri. Program ini diluncurkan tahun 2011 dan merupakan bagian dari Program besar Pemerintah Jawa Barat dalam menanggulangan kemiskinan dan pengendalian penduduk sebagai berikut ;

1.       Meningkatkan kesempatan kerja.

2.       Fasilitasi masyarakat miskin untuk beklerja.

3.       Program jabar mengembara.

4.       Pengendalian laju pertumbuhan alami, dan

5.       Pengengendalian migrasim masuk.

Peserta yang hadir dalam kegiatan Workshop Jabar Mengembara dari berbagai pihak seperti :

-          Aparat Pemerintah Daerah ( Desa /Kelurahan, Kecamatan, Babinsa, Bhabinkatibmas )

-          Pemuda ( Karangtaruna, Pencari kerja, Siswa SMK kelas XII, Siswa LPK )

-          Ibu - Ibu PKK dan Posyandu

-          Tokoh Masyarakat ( RT/RW, Tokoh Agama, LSM, Perwakilan Guru SMK/SMA )

Dalam sambutannya  Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  menyampaikan bahwa setiap bekerja keluar negeri  harus LEGAL dan sepulang dari Negara tujuan harus berhasil dalam menabung perekonomian untuk berwirausaha di Negara kita sendiri dan membangun usaha mandiri untuk membantu perekonomian masyarakat setempat. Dalam berbicara beliau menyampaikan kalau bekerja di Negara Timur Tengah sebagai contoh Arab Saudi telah ditutup untuk pekerja INFORMAL  ( MORATORIUM ), dari tahun 2011 sampai tahun sekarang. Dan Kadis Disnakertrans menyampaikan juga bahwa Tenaga Kerja Indonesia ( TKI ) sebagaian besar membantu perekonomian daerah atau kabupaten kota  asal TKI tersebut.

Kegiatan  Workshop Jabar Mengembara menghadirkan para narasumber yaitu :

-          BNP2TKI, materi yang disampaikan Informasi dan Peluang Kerja di Luar Negeri.

-          P2TP2A, materi yang disampaikan Pencegahan Perdagangan Manusia.

-          BURUH MIGRAN ( UNIMIG ), materi yang disampaikan  Motivasi bekerja di Luar Jawa Barat.

-          PENERIMA PURNA TKI AWARD 2015 ( IBU REIKA RUSTIKASARI ) Succes Story.

-          KEPALA DINAS SOSIAL NAKERTRANS KABUPATEN BANDUNG BARAT ( Jabar Mengembara )

Pelaksanaan Acara Kegiatan Workshop Jabar Mengembara berjalan dengan baik dan lancar, dan ditutup oleh Kepala Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri.  Diharapkan dari kegiatan ini peserta kemudian  menyebarluaskan ilmu yang didapat dari Worshop Jabar Mengembara kepada Masyarakat disekitarnya.

 

BY. P.E

 

Selengkapnya ..

SEP 5 2016

PENUTUPAN PELATIHAN CALON TENAGA KERJA LUAR NEGERI GELOMBANG III T.A 2016

Pelatihan  Calon Tenaga Kerja Luar Negeri Gelombang III  Tahun Anggaran 2016   secara resmi ditutup oleh Kepala Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri, pada tanggal 30 Agustus  2016 di ruang Anggrek  POLTEKPOS Jl. Sari Asih Nomor 54 Bandung. Dalam laporan penyelenggaraan, menyampaikan bahwa peserta pelatihan pada Gelombang III sebanyak 3 angkatan  ini  terdiri dari peserta magang ke Jepang melalui Sending Organization (SO) sebanyak 20 orang, calon peserta seleksi Magang IM Jepang 20 orang dan Korea G to G fishing 20 orang, dengan total peserta 60 orang.

Pelatihan diselenggarakan selama 21 hari sebanyak 210 jam pelajaran dengan materi  terdiri dari dua kelompok yaitu  unit kompetensi dan kelompok non unit kompetensi. Pada kelompok unit kompetensi terdiri dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Bahasa negara tujuan, Informasi Teknologi, Sosial Budaya Negara Tujuan dan Teknik Komunikasi. Sedangkan pada kelompok non unit kompetensi terdiri dari materi Achievement Motivation training, Fisik Mental dan Disiplin (FMD), Pengelolaan Keuangan  dan evaluasi program.

Dalam kesempatan tersebut, Ubun Suryaman, SE.M.Si,  selaku Kepala Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri berharap pelatihan ini memberikan pengalaman dan tambahan wawasan dalam mempersiapkan diri bekerja di luar negeri. Peserta juga diminta untuk tetap menjaga komunikasi dengan BLTKLN.

Penutupan ditandai dengan pelepasan tanda peserta dan penyerahan sertifikat, Alumni Pelatihan Gelombang III ini akan mengikuti proses selanjutnya sebelum bekerja ke  luar negeri baik penempatan melalui SO atau seleksi  Program G to G ke Korea. Selain itu diberikan penghargaan kepada peserta terbaik masing-masing angkatan yaitu :

Angkatan 11 Moch Casyadi – Kabupaten Majalengka

Angkatan 12 Tri Hidayat – Kabupaten Cirebon

Angkatan 13 Riyan Hidayat – Kabupaten Bandung




 

Selengkapnya ..

JUL 28 2016

PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI CALON TENAGA KERJA LUAR NEGERI

Salah satu jenis dari bentuk teknologi yang berkembang dengan sangat pesat saat ini adalah teknologi informasi dan komunikasi. Melalui fitur andalannya yaitu internet, saat ini teknologi komunikasi dan informasi seperti merupakan salah satu jenis teknologi yang menduduki peringkat teratas penggunaannya. Sebagai Calon Tenaga kerja yang akan bekerja ke Luar Negeri, dipandang perlu bagi peserta Pelatihan Calon Tenaga kerja Luar Negeri pada Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri dibekali Teknologi Informasi selama 10 jpl para peserta diberikan pengetahuan dan keterampilan memahami konsep jaringan computer serta dapat menggunakan internet sebagai situs pencari, mailing list, blog dan internet banking.

Pada pelaksana Pelatihan Calon Tenaga Kerja Luar Negeri Gelombang II yang berlangsung tanggal 19 Juli sampai dengan 8 Agustus 2016, para peserta pelatihan mengikuti pembelajaran materi Teknologi Informasi di Laboratorium Komputer Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri, Jl. Soekarno Hatta 584 Bandung.

Diharapkan setelah mendapatkan materi tersebut, peserta dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam mendukung produktivitas bekerja di luar negeri

 


Sumber : PE

Selengkapnya ..

JUL 26 2016

PEMBUKAAN GEL II PELATIHAN CALON TENAGA KERJA LUAR NEGERI T.A 2016

Pelatihan  Calon Tenaga Kerja Luar Negeri Tahun 2016   secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat pada tanggal 20 Juli  2016 bertempat di ruang Halo Pos 161 POLTEKPOS Jl. Sari Asih Nomor 54 Bandung. Dalam laporan penyelenggaraan, Kepala Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri, Ubun Suryaman, SE.M.Si menyampaikan bahwa peserta pelatihan pada Gelombang II sebanyak 5 angkatan  ini  terdiri dari peserta calon tenaga kerja  yang akan mengikuti seleksi program G to G ke Jepang sebagai peserta magang ke Jepang yang telah lulus tahap I seleksi program G to G sebanyak 100 orang.

Pelatihan akan diselenggarakan selama 21 hari sebanyak 210 jam pelajaran dengan materi  terdiri dari dua kelompok yaitu  unit kompetensi dan kelompok non unit kompetensi. Pada kelompok unit kompetensi terdiri dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Bahasa negara tujuan, Informasi Teknologi, Sosial Budaya Negara Tujuan dan Teknik Komunikasi. Sedangkan pada kelompok non unit kompetensi terdiri dari materi Achievement Motivation training, Fisik Mental dan Disiplin (FMD), Pengelolaan Keuangan  dan evaluasi program.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Ir. Ferry Sofwan Arif, M. Si,  selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat menekankan kepada peserta pelatihan untuk dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan berharap pelatihan ini memberikan pengalaman dan tambahan wawasan dalam mempersiapkan diri bekerja di luar negeri. Peserta juga diminta untuk tetap menjaga komunikasi dengan BLTKLN.

Selanjutnya Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, menyampaikan kebiasaan orang yang pernah bekerja di Jepang mengikuti aturan dari hal hal yang kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, disiplin, waktu, kerja. Hal itu yang harus bisa diterapkan dengan hal positif dalam persiapan menghadapi dunia kerja, Being The Thing Not Only Knowing. Dalam Dunia kerja kita harus siapkan mental, fisik dan kedisiplinan serta kita harus siapkan juga keterampilan dan keilmuan di bidang pekerjaan, sehingga dalam bekerja di luar negeri kita paham dalam adat istiadat, budaya di Negara mereka.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat juga berpesan kepada para Peserta Pelatihan  Calon Tenaga Kerja Luar Negeri harus banyak bertanya, dan memperhatikan apa yang disampaikan instruktur supaya lebih Well Equipped Skillnya pengetahuan ditingkatkan, attitude harus diperhatikan juga dan pengalaman yang dimiliki untuk melengkapi integritas diri. Semoga dengan pengalaman bekerja di Luar Negeri bisa menjadi bekal sebagai pekerja kompeten.

Sumber : PE

 

Selengkapnya ..

JUL 22 2016

Lepas 146 TKI ke Korea, Tahun Ini Masih Tersedia 1700 Lowongan

Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menyebutkan bahwa saat ini masih tersedia 1.700 lowongan kerja di Korea  pada tahun ini berdasarkan perjanjian antara pemerintah kedua negara. Guna meringankan biaya penempatan, kalangan perbankan diimbau meningkatkan pemberian kredit usaha rakyat (KUR) guna meringankan beban para calon TKI. Pemerintah Korea menyediakan kuota 4.400 TKI sepanjang  tahun 2016, dari jumlah tersebut telah terpenuhi 2.700 hingga yang tersisa untuk periode Juli-Desember tahun ini berjumlah 1.700 lowongan kerja.

Korea terdapat sekitar 30-35 ribu TKI dengan kurang lebih empat ribu diantaranya TKI tidak resmi yang bekerja di perusahaan-perusahaan kecil. Pemerintah Korea telah mengultimatum akan menghentikan penempatan jika jumlahTKI  non prosedural mencapai 15% dari total tenaga kerja Indonesia resmi. Terkait dengan dukungan perbankan, alokasi KUR sebesar Rp 3,8 triliun, masih diprioritaskan kepada usaha kecil menengah dan ritel. Perbankan masih menerapkan peraturan yang ketat untuk KUR kepada TKI yang berpagu Rp 25 juta per orang.

 

Sumber : BNP2TKI

Selengkapnya ..

JUN 29 2016

Kajian Bulan Suci Ramadhan ( Menjemput Kematian dengan Husnul Khatimah )

Dalam memahami kehidupan, manusia terbagi menjadi dua golongan. Golongan yang pertama adalah orang yang memahami bahwa hidup ini sesungguhnya adalah rihlah ruhaniah menuju Allah Rabb semesta alam. Golongan ini memahami bahwa diujung perjalanan ini Allah telah menyiapkan seindah-indah tempat kembali. Sebagaimana seorang yang berpenghasilan 60 juta rupiah sebulan, ketika dia ditawari suatu pekerjaan dengan penghasilan 40 juta rupiah, tentu dia tidak akan tertarik. Begitu pula orang-orang yang termasuk golongan ini, mereka tidak akan mudah terpesona dengan kehidupan duniawi karena dia meyakini bahwa kenikmatan yang menantinya di surga nanti jauh lebih baik daripada apa yang dia temukan di dunia ini.

Golongan yang kedua adalah orang-orang yang memahami kehidupan ini sebagai satu-satunya kesempatan untuk bersenang-senang. Mereka memahami bahwa setelah kehidupan ini tidak ada kehidupan lain dan mereka tidak akan mempertanggung-jawabkan segala perbuatan yang telah mereka lakukan. Dan pemahaman seperti ini tercermin dari segala tindakan serta pilihan mereka dalam menjalani kehidupan.

Jika seseorang telah sungguh-sungguh untuk selalu menghadapkan wajahnya (tawajjuh) kepada Allah, maka dia telah merancang kehidupannya dengan akhir yang baik. Dan orang-orang seperti ini tidak akan pernah memiliki rasa kecewa. Dia tidak akan memedulikan segala peristiwa yang menimpa dirinya tetapi yang dia pedulikan adalah bagaimana dia menyikapi peristiwa tersebut. Karena dia memahami bahwa kewajibannya hanyalah berusaha untuk mendapatkan yang terbaik dan segala hasil dari usahanya dia serahkan kepada Allah semata. Dia memahami bahwa hasil yang diberikan Allah hanyalah sebuah sarana untuk dapat meraih ridho-Nya.

Lantas, bagaimana agar kita dapat selalu tawajjuh kepada-Nya? Ustadz Syatori Abdur Rauf menyebutkan dalam suatu ceramahnya bahwa salah satu cara untuk dapat selalu tawajjuh kepada Allah adalah dengan mentafakkuri datangnya maut (dzikrul maut). Begitu banyak hal-hal yang dapat kita tafakkuri dari datangnya maut ini, yaitu:

1. Merenungkan kematian yang datang secara tiba-tiba

Sebagai seorang mukmin, hendaknya kita merasa khawatir dengan kedatangan maut yang secara tiba-tiba. Bisa jadi seseorang yang masih muda dan sehat dicabut nyawanya lebih dulu dari orang-orang yang sakit-sakitan dan lebih tua darinya. Dan bisa jadi seseorang
dicabut nyawanya ketika sedang dalam keadaan lupa dan lalai. Betapa banyak orang yang meninggal dalam keadaaan sedang melakukan maksiat ataupun melakukan sesuatu yang sia- sia. Maka seyogianya dengan mentafakkuri kematian yang datangnya tiba-tiba ini membuat kita terhindar dari keadaan lupa dan lalai dari segala perintah dan larangan-Nya.

2. Merenungkan pedihnya sakaratul maut

Sebagaimana Rasulullah pernah bersabda bahwa pedihnya sakaratul maut adalah seperti kambing yang dikuliti hidup-hidup. begitu perihnya hingga Rasulullah tidak tega mengatakan “seperti manusia dikuliti hidup-hidup” dan menggunakan kambing sebagai
perumpamaan pedihnya sakaratul maut tersebut. Dalam hadits yang lain beliau menyebutkan bahwa pedihnya sakaratul maut seperti seseorang yang seluruh tubuhnya dari ujung kaki hingga ujung rambut dililit kawat berduri yang durinya menancap kedalam daging. Kemudian kawat tersebut di tarik ujungnya secara perlahan-lahan. Sungguh kepedihan yang sangat luar biasa. Oleh karena itu sudah seharusnya kita mempersiapkan diri kita dan memohon untuk dimudahkan dalam menghadapinya

3. Merenungkan gelapnya alam kubur

Seandainya malam ini Perusahaan Listrik Negara mengumumkan besok pagi listrik akan dipadamkan selama tiga hari penuh karena ada perbaikan, itu sudah cukup membuat kita panik. Waktu terbatas untuk persiapan, lilin jadi rebutan, ember dan bak airpun dipenuhi.
Lalu pernahkah kita berpikir tentang gelapnya alam kubur?

4. Merenungkan dahsyatnya prahara hari pembalasan

Kedahsyatan peristiwa-peristiwa pada hari kiamat betul-betul tiada terkira. Dari bangun dari kubur, dikumpulkan di padang mahsyar, semuanya adalah peristiwa yang sangat luar biasa. Dalam suatu riwayat disebutkan bahwa di padang mahsyar kelak matahari akan didekatkan hingga 1,6 kilometer diatas kepala. Kita bisa bayangkan matahari yang jaraknya saat ini 150 juta kilometer yang sudah mampu membuat kita kepanasan, didekatkan oleh Allah hingga 1,6 kilometer di atas kepala. Orang-orang yang tidak menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya ketika dia hidup di dunia boleh jadi dia akan merasakan dahsyatnya langit padang mahsyar. Belum lagi setelah urusan di padang mahsyar ini selesai, kita semua akan di giring ke pinggir sebuah jurang. Dalamnya jurang ini menurut sabda Rasulullah adalah seperti kita menjatuhkan sebuah batu, dan batu ini baru sampai ke dasarnya setelah 70 tahun perjalanan. Dan isi dari jurang ini adalah api yang bergemuruh yang panasnya sudah bisa dirasakan dalam jarak 500 tahun perjalanan. Dalam hadits yang panjang tentang mimpi dan syafa’at, Rasulullah bersabda,

Dan diletakkan As-Shiroth (jembatan) di atas neraka jahannam, maka aku dan umatku lah yang akan menyebranginya. Tidak ada orang yang berani bekata kecuali para nabi. Dan doa para nabi adalah Alahumma sallim-sallim (ya Allah, selamatkan, selamatkan), (HR. Bukhori dan Kutubus Sittah)

Demikianlah sedikit uraian penulis tentang langkah awal yang harus kita ambil untuk dapat menggapai husnul khatimah. Insya Allaah pada artikel berikutnya, penulis akan memaparkan amalan-amalan yang menakjubkan yang dapat menjadi bekal kita untuk menggapai husnul khatimah tersebut.

Wallaahu a’lam bis shawwab

 

 

Selengkapnya ..

JUN 20 2016

PERSYATAN G TO G JEPANG

Silahkan copas untuk lebih lanjutnya

 

https://www.dropbox.com/sh/nkw2mokdcsfuq39/AAARym6xbYZePZbO1URXXaK5a?dl=0

Selengkapnya ..

JUN 10 2016

Informasi Penempatan TKI ke Korea Program G to G ke Korea

BADAN NASIONAL PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA DIPUTI BIDANG PENEMPATAN 
Jl MT Haryono Kav 52 Jakarta Selatan 122840 
Telp. 021-79197318, 79197321, Fax. 021-7981205 
Po Box. 4451 JKTM 12700, Website www.bnp2tki.go.id

BERAPA BIAYA UNTUK DAPAT BEKERJA KE KOREA

1. Bagaimana cara mendaftar untuk menjadi TKI ke Korea program G to G?

+Mulai tanggal 1 Januari 2007 yang dapat menempatkan TKI bekerja ke Korea hanya dilakukan oleh Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) dengan persyaratan antara lain harus mempunyai kemampuan Bahasa Korea yang dibuktikan dengan Sertifikat Lulus Test kemampuan Bahasa Korea (KLPT), selanjutnya mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan persyaratan.

2. Berapakah biaya untuk mengambil formulir pendaftaran?

+Untuk mengambil formulir pendaftran TKI Korea program G to G dapat dilakukan di Kantor BP3TKI di daerah yang ditunjuk atau BNP2TKI dengan ketentuan:
1. Menunjukan asli Sertifikat lulus KLPT yang bersangkutan yang masih berlaku; 
2. Menunjukan asli kartu identitas diri KTP/SIM yang bersangkutan; 
3. Tidak dapat diwakilkan; 
4. Tidak dipungut biaya (gratis).

Jadi untuk mengambil formulir tidak dipungut biaya (gratis), atau dapat melalui down load di www.bnp2tki.go.id. dengan password nomor ujian KLPT.

3. Apakah sending data TKI ke Korea harus bayar?

+Untuk dapat disending tentunya harus mengirimkan berkas lamaran yaitu formulir pendaftaran yang sudah diisi lengkap dengan melampirkan persyaratan:

1. Foto copy KTP yang masih berlaku; 
2. Foto Copy Kartu Keluarga; 
3. Foto Copy Ijasah Pendidikan terakhir; 
4. Foto Copy Sertifikat lulus KLPT; 
5. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm; 
6. Asli surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dari polisi domisili calon TKI; 
7. Asli surat keterangan sehat mental dan fisik termasuk batas pAndang dan buta dari Dokter/klinik yang telah ditunjuk; 
8. Asli tAnda bukti pendaftaran sebagai pencari kerja dari dinas kab/kota(Kartu AK I); 
9. Asli surat Ijin dari:

- Orang tua bagi yang belum keluarga atau 
- Wali bagi yang belum berkeluarga namun orangtua sudah meninggal atau 
- Suami bagi istri yang akan bekerja ke Korea atau 
- Istri bagi suami yang akan bekerja ke Korea.

Surat ijin tersebut harus diketahui lurah/kepala desa domisili calon TKI.

Berkas lamaran dihimpun dalam stopmap warna merah dan dimasukan ke amplop warna coklat dikirim ke PO BOX 4451 JKTM, 12700.

Berkas lamaran yang masuk akan di Validasi dan yang memenuhi syarat dan lengkap pasti di Sending dan tidak bayar (gratis).

Nama-nama calon TKI yang sending dapat dilihat pada website: www.bnp2tki.go.id. data ini BUKAN JAMINAN bahwa yang bersangkutan diterima bekerja di Korea.

Bagi berkas lamaran yang tidak lengkap atau tidak memenuhi syarat, akan diumumkan di website: www.bnp2tki.go.id untuk dilengkapi kekurangan persyaratanya, dan setelah itu agar pelamar mengirimkan kembali ke PO BOX 4451 JKTM, 12700.

4. Berapakah biaya yang dibutuhkan untuk dapat diterbitkannya Standar Labor Contract (SLC)?

+ Setelah data disending/dikirim ke Korea diberikan waktu 1 (satu) tahun untuk ditawarkan kepada Penguna/Perusahaan di Korea. Jika nama-nama terpilih oleh Perusahaan, maka akan diterbitkan SLC yang dapat dilihat di wibesite: www.bnp2tki.go.id, tidak dipungut biaya (gratis) selanjutnya perusahaan akan mengurus Calling Visa. jadi jika terpilih oleh Perusahaan adalah merupakan usaha saudara sendiri. Jika dalam 1(satu) tahun nama-nama belum terpilih oleh Perusahaan di Korea, maka secara otomatis nama-nama akan terhapus dan sistem data base, dan calon TKI dinyatakan gugur. Jika calon TKI masih berminat untuk bekerja di Korea, dapat mendaftar kembali dengan mengikuti seluruh proses.

5. Berapakah biaya yang dibutuhkan untuk dapat CCVI (Calling Visa)?

+ Untuk mengetahui terbitnya Calling Visa, Anda tidak perlu membayar biaya apapun, karena Calling Visa (CCVI) telah diurus oleh perusahaan di Korea. Saudara akan dikenakan biaya untuk pengurusan visa di Kedutaan Korea Jakarta dengan biaya sebesar Rp 480.000 (Apply Visa) yang dibayarkan pada saat mengikuti Preliminary Training.

6. Kapan berangkat kerja ke Korea dan berapa biayanya?

+ Saudara akan mendapat surat panggilan dari BNP2TKI yang isinya memberitahukan bahwa saudara harus melengkapi dokumen yang diperlukan untuk berangkat kerja ke Korea dengan melengkapi pasport dan medical chek up pada rumah sakit yang ditunjuk dan saudara diminta untuk mempersiapkan uang sebesar kurang lebih Rp 5.455.000 (lima juta empat ratus lima puluh lima ribu rupiah) untuk kepentingan diri sendiri, termasuk membayar tiket pesawat Jakarta - Korea, pengurusan Visa di Kedutaan Korea di Jakarta, preliminary training, asuransi, airport tax. 
Jadi untuk bekerja ke Korea di perlukan biaya sebesar Rp 5.455.000 (lima juta empat ratus lima puluh lima ribu rupiah) .

7. Siapa yang dapat dihubungi untuk meminta informasi tentang penempatan TKI ke Korea program G to G?

+ Untuk mendapatkan informasi yang jelas agar saudara menghubungi BNP2TKI melalui Jl MT Haryono Kav 52 Gedung Jakarta Selatan 122840 Telp 021-7981205, 
Website: www.bnp2tki.go.id 
Atau melalui Handphone pelayanan: 
081316788320, 081574196526, 081806240545 
Untuk keseluruhan proses penempatan TKI ke Korea agar saudara tidak berhubungan dengan Calo, Sponsor, PL, Broker, PT ataupun Lembaga yang menjanjikan dapat memberangkatkan TKI ke Korea, hanya BNP2TKI melalui Program G to G.

 

Sumber : BNP2TKI

Selengkapnya ..

Galeri Foto & Video

TESTIMONIAL

GEDUNG BALAI LATIHAN TENAGA KERJA LUAR NEGERI ( B L T K L N ) TELAH PINDAH TEMPAT/ALAMAT JL. SOEKARNOHATTA NO 584 DEKAT BPN / MIM

Oleh : MAN AJA on 2016-01-24

Lihat Semua Testimoni

Jajak Pendapat

Bagaimana menurut anda tampilan baru web ini ?

Sangat Bagus
Bagus
Biasa Aja
Tidak Bagus
Tidak Tahu

  Lihat Hasi Poling

PROFIL

Kepala Dinas Tenaga Kerja
Provinsi - Jawa Barat

Dr. HENING WIDIATMOKO, MA.